Iphone 4

iPhone 4 adalah telepon genggam generasi ke 4 dari seri iPhone yang revolusioner. iPhone 4 dikenal sebagai smart-phone yang dikembangkan dan diproduksi oleh perusahaan Apple Inc. untuk memenuhi kebutuhan komunikasi dan hiburan konsumennya. iPhone 4 adalah penyempurnaan dari generasi-generasi pendahulunya, yang dikembangkan dengan merujuk pada berbagai permintaan konsumen usai evaluasi yang dilakukan terhadap iPhone 3GS. Sebagai penerus dari iPhone 3GS, iPhone 4 secara spesifik dikembangkan dan dipasarkan untuk kebutuhan Video Call dan kegiatan konsumsi media lainnya seperti buku, film, musik dan akses internet. Berita peluncuran iPhone 4 pertama kali diumumkan pada tanggal 7 Juni 2010 di WWDC 2010 yang diadakan di Moscone Center, San Fransisco. Peluncuran iPhone 4 sendiri dilakukan pada tanggal 24 Juni 2010 dan pertama kali dipasarkan di lima negara yakni Amerika Serikat, Inggris, Perancis, Jerman dan Jepang. Apple mematok harga USD 299 untuk satu unit iPhone 4 dengan kapasitas memori 32 GB dan USD 199 untuk kapasitas memori 16 GB. Harga yang dipatok setara dengan harga iPhone 3GS saat pertama kali diluncurkan.

Spesifikasi

  • Kapastitas: 16GB atau 32 GB
  • Display: Retina Display/3.5-inch (diagonal) widescreen Multi-Touch display/Resolusi 960 x 640 pixel, dengan 326 ppi/Kontras Rasio 800:1/Fingerprint-resistant oleophobic coating pada bagian depan dan belakang/Mendukung tampilan beberapa bahasa dan karakter secara simultan/Kamera, Foto, Video: Rekaman Video HD (720p) up to 30 fps, Kamera 5MP, Kamera depan VGA dengan 30 fps, LED flash, Fitur Geotagging pada foto dan video
  • Audio: Respon frekuensi 20Hz to 20.000 Hz/Format Audio: AAC (8 to 320 Kbps), Protected AAC (from iTunes Store), HE-AAC, MP3 (8 to 320 Kbps), MP3 VBR, Audible (formats 2, 3, 4, Audible Enhanced Audio, AAX, and AAX+), Apple Lossless, AIFF, dan WAV
  • TV dan Video: Format Video H.264 video up to 720p/ 30 frames per second/ Main Profile level 3.1 with AAC-LC audio up to 160 Kbps, 48kHz/ stereo audio in .m4v, .mp4, and .mov file formats/ MPEG-4video, up to 2.5 Mbps, 640 by 480 pixels, 30 frames per second, Simple Profile dengan AAC-LC audio up to 160 Kbps per channel, 48kHz, stereo audio in .m4v, .mp4, and .mov file formats; Motion JPEG (M-JPEG) up to 35 Mbps, 1280 by 720 pixels, 30 frames per second, audio in ulaw, PCM stereo audio in .avi file format/ Mendukung resolusi 1024×768 pixel, dengan dock connector to VGA sebesar 576p dan 480p.
  • Selular dan Nirkabel: UMTS/HSDPA/HSUPA (850, 900, 1900, 2100 MHz)/ GSM/EDGE (850, 900, 1800, 1900 MHz)/ 802.11b/g/n Wi-Fi (802.11n 2.4GHz)/ Bluetooth 2.1 + EDR wireless technology
  • Fitur Lokasi: A-GPS/ Kompas digital/ Wi-Fi
  • Baterai dan Daya: Baterai lithium-ion yang dapat di charge/ Power USB via PC/Mac/ Talk time up to 7 jam (3G), up to 14 jam (2G)/ Waktu Standby: 300 jam/ Penggunaan internet up to 6 jam (3G), up to 10 jam (WiFi)/ Rekaman Video: up to 10 jam/
  • Rekaman Audio: Panjang rekaman audio 40 Jam ++

 Fitur

  • FaceTime dan iOS 4: FaceTime adalah mahakarya yang tercipta dari harmonisasi kerja piranti lunak dan piranti keras iPhone 4. Penggunaan fitur-fitur iPhone 4 dengan iOS4 sebagai sistem pengoperasiannya terbilang mudah. Cukup dengan satu sentuhan saja, seorang pengguna iPhone 4 dapat melakukan Video-Call dengan teman atau anggota keluarga sesama pengguna iPhone 4.
  • Pusat Game: iOS 4 memperkenalkan fitur aplikasi Game Center, sebuah inovasi untuk permainan jejaring sosial yang dikhusukan untuk iPhone 4 Dan iPod Touch. Aplikasi ini memungkinkan seorang pengguna iPhone 4 untuk bermain bersama pengguna lainnya di dalam satu sel yang sama (Multi-player platform). Dengan demikian sesama pengguna iPhone 4 atau iPod Touch dapat berkerjasama untuk menyelesaikan sebuah permainan, atau berkompetisi satu sama lainnya.
  • Multitasking: Dengan iOS 4 sebagai sistem operasi iPhone 4, fitur multi-taksing yang dihadirkan tampil lebih apik. Pengguna iPhone 4 dapat mengakses ragam aplikasi pada waktu bersamaan dan berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain tanpa hambatan berarti.
  • Wadah aplikasi terbesar dunia: iPhone 4 memiliki kurang lebih 250,000 aplikasi yang dapat dikelompokkan dalam ragam kategori. OS 4 adalah platform yang mampu menampung koleksi terbesar aplikasi-aplikasi telepon genggam. Apple memberikan kesempatan bagi perusahaan-perusahaan pengembang aplikasi dan program untuk berkreasi dan membuat ragam aplikasi yang dapat digunakan oleh iPhone 4.
  • Performa dan stabilitas sistem operasi iOS4: iOS 4 adalah sistem operasi sekelas sistem operasi untuk desktop PC (Personal Computer) yang telah didesain ulang untuk kebutuhan telepon genggam. Karena menggunakan sistem operasi computer canggih — Mac OS X — performa dari iOS 4 terbilang cepat dan stabil. iOS 4 mengonsumsi dan mendistribusikan daya secara efisien untuk menjaga kadar tenaga yang tersimpan dalam baterai. Dari segi multi-tasking, iOS 4 dapat mengoperasikan banyak aplikasi pada waktu bersamaan — iOS 4 tidak bekerja secara lambat walau mengoperasikan banyak aplikasi secara bersamaan, dan lebih lagi tidak sembarang menyerap energi dari baterai.
  • Piranti keras dan piranti lunak dibuat untuk saling melengkapi: Apple memproduksi sendiri piranti lunak dan piranti keras iPhone 4 dan semua seri sebelumnya. Oleh karena alasan ini kedua piranti mampu berkerja secara sinkron dan menghasilkan performa yang baik. Integrasi yang baik antara piranti lunak dan piranti keras ini memungkinkan software dari iPhone tampil secara maksimal pada fitur piranti keras seperti Retina Display, Multi-Touch interface, accelerometer, gyro dengan tiga axis, GPS, grafis, dan banyak lagi. FaceTime adalah contoh sempurna harmonisasi antara piranti lunak dan piranti keras iPhone 4. Fitur ini mendayagunakan kamera, the display, one of the two microphones, and your Wi-Fi connection. If you’re on a voice call with someone and want to start a video call, FaceTime switches mics, turns on the front camera, and verifies your Wi-Fi connection — quickly and invisibly.
  • Memiliki fitur keamanan yang handal: Berbeda dengan iPhone 3GS yang itur keamanan yang rentan saat akses situs, iOS 4 yang digunakan oleh iPhone 4 terbilang aman dari gangguan eksternal. Sistem pertahanan yang diusung oleh iOS 4 dirancang sedemikian rupa agar semua aplikasi iPhone 4 bekerja dalam lingkungan yang aman terjaga – bebas dari intervensi situs atau aplikasi lain yang mencoba mengakses data di iPhone pengguna. iOS 4 mendukung encrypted network communication yang bertujuan melindungi semua informasi yang disimpan dalam sebuah iPhone 4. Lebih lagi sistem operasi “Parental Control” atau bimbingan orang tua memungkinkan pengguna mengunci akses terhadap materi yang sifatnya provokatif. Untuk keamanan, iPhones dibangun dengan fitur kode masuk bila hendak mengakses telepon, dan memungkinkan penghapusan data secara otomatis apabila kesalahan dalam pemasukan kode masuk melebihi batas yang sudah ditentukan. Lebih lagi bila iPhone 4 seorang pengguna hilang atau dicuri, pengguna dapat meminta operator untuk mencarinya dengan menggunakan “tracker” yang terpasang di dalam unitnya.
  • Berguna untuk keperluan bisnis: Banyak perusahaan di dunia memilih iPhone sebagai telepon genggam utama karena fitur-fitur bisnis yang ditawarkan seri ini. iOS 4 bekerjasama dengan Microsoft Exchange dan banyak server untuk pengiriman email, calendar dan kontak. iOS4 melindungi data pengguna dengan mentranslasi data di tiga area yang berbeda, dalam transmisi, dalam unit iPhone 4 itu sendiri dan cadangan data disimpan di iTunes. Pengguna iPhone 4 dapat dengan mudah mengakses jaringan personal perusahaan melalui protokol VPN standar industry. Keluhan dapat dengan mudah dikirimkan iPhone dari satu perusahaan ke perusahaan lain dengan melakukan konfigurasi pada profil.
  • Dapat diakses oleh semua orang: iOS 4 dibuat dengan berbagai fitur yang memudahkan penggunaannya. Voice recognition sebagai contoh memudahkan seorang pengguna untuk mencari file, data, atau kontak yang ia butuhkan.
  • Universal: iPhone dan iOS 4 dikembangkan secara khusus agar dapat digunakan di setiap belahan dunia. Fitur user interface diaplikasikan dalam lebih dari 30 bahasa, and seorang pengguna dapat dengan mudah bertukar dari satu bahasa ke bahasa yang lain. Karena keyboard yang digunakan oleh iPhone 4 berdasarkan sebuah piranti lunak, seorang pengguna dapat memilih lebih dari 40 keyboard dengan karakter berbeda seperti alphabet, kanji Cina dan kanji Jepang. Sebagai tambahan, kamus yang dimiliki oleh iPhone 4 tersedia dalam lebih dari 40 bahasa dan dialek yang berbeda. Voice-Over membaca layar dalam 33 bahasa, and Voice-Control memahami 24 bahasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>